Sunday, July 9, 2017

Dampak Negatif Facial Dan Tips Sebelum Melakukan Facial


Dampak Negatif  Facial Dan Tips Sebelum Melakukan Facial

Facial merupakan salah satu perawatan wajah yang dilakukan seseorang agar senantiasa wajahnya terjaga kebersihannya, kesehatannya, serta kecantikannya. Mereka yang peduli mengenai kecantikan kulit wajah, pastinya akan teratur melakukan facial.Meskipun manfaat facial sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, akan tetapi facial pun memiliki efek samping yang dapat membahayakan bagi wajah Anda. Yang harus Anda ketahui adalah tidak semua jenis kulit cocok melakukan jenis perawatan yang satu ini. Berikut efek samping facial wajah :

Iritasi

Kadang-kadang ramuan dan krim yang digunakan untuk facial mengandung bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Produk seperti ini bisa membahayakan kulit, terutama kulit yang sensitif. Salah satu gejalanya adalah iritasi dan gatal-gatal.

Wajah mengalami pembengkakan
Facial meliputi pengelupasan sel kulit mati. Proses ini penting untuk keremajaan kulit, namun juga bisa berdampak negatif jika dilakukan terlalu sering. Akibatnya, warna kulit jadi tidak rata dan bengkak.

Ruam kemerahan
Bahan kimia tertentu yang digunakan selama facial mungkin terlalu kuat atau tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, sehingga menyebabkan ruam kemerahan, pembengkakan, bahkan peradangan pada kulit.

Jerawat
Beberapa orang justru mengalami masalah jerawat setelah facial. Ini disebabkan karena proses eksfoliasi pada facial dapat membuka pori-pori dan merangsang produksi sebum. Namun hal ini bisa dicegah dengan toning kulit yang tepat.

Reaksi alergi
Ada berbagai jenis facial yang ditawarkan oleh salon atau klinik kecantikan. Produk-produk yang digunakan pun biasanya berbeda. Bukan tidak mungkin salah satu produk ini menimbulkan reaksi alergi terhadap beberapa orang.

Jaringan parut
Proses mengeluarkan komedo pada facial biasanya menggunakan jari atau alat khusus. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat, bisa menyebabkan luka. Kemungkinan terburuknya, terbentuk jaringan parut yang membuat kulit wajah tak lagi mulus.

Kulit kering
Facial terlalu sering dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit dan mengganggu keseimbangan pH kulit. Akibatnya, kulit jadi kering dan kusam.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Facial :

1.   Berkonsultasi dengan terapis atau dokter kecantikan
Menurut Laura Benge, National Spa Director, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum facial adalah berkonsultasi dengan terapis atau dokter kecantikan yang menangani facial wajah. Anda bisa bercerita mengenai masalah wajah yang mengganggu dan hasil yang ingin didapat. Terapis atau dokter kecantikan pun dapat memberikan saran terkait jenis facial atau perawatan wajah apa yang seharusnya dilakukan.

2.   Hindari paparan sinar matahari
Sebelum melakukan facial wajah, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari. Jika ingin fokus terhadap pembersihan pori-pori wajah, paling baik melakukan facial setelah beraktivitas di mana Anda tidak akan melakukan aktivitas apa pun.

3.   Disarankan tidak menggunakan make-up setelah facial
Perawatan setelah facial berbeda-beda yang dilakukan setiap orang. Perihal penggunaan make-up, Anda memang bisa menggunakannya setelah facial. Namun, sebaiknya berikan waktu agar kulit wajah dapat bernapas.

4.    Lakukan facial secara rutin
Sebaiknya lakukan perawatan facial secara rutin di salon atau klinik kecantikan. Namun, ini bergantung pada masalah pada wajah yang Anda alami. Jika mengalami jerawat atau hiperpigmentasi, sebaiknya lakukan setiap satu pekan sekali.


No comments:

Post a Comment