Tuesday, July 11, 2017

Faktor Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya

Faktor Penyebab Sakit Maag dan Cara Mengatasinya
Kitkat Pedia - Faktor Penyebab Sakit Maag dan Mengatasinya. Penyakit Maag atau gastritis merupakan penyakit yang terjadi pada gangguan lambung. Tingkatnya asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko. Penyebab Penyakit Maag terjadi pada radang lambung atau tukak lambung sehingga penderita akan mengalami rasa sakit pada lambung dan hulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih.

Nyeri dan Perih datangnya tiba-tiba dan langsung spontan hilang. Batu empedu atau batu ginjal yang menyebabkan penyakit tersebut berhenti tiba-tiba.

Sakit maag ini sering ditemukan di masyarakat, hal ini terjadi karena cendrungnya salah mengatur waktu dan pola makan yang benar. 

Faktor Penyebab Penyakit Maag
Penyakit maag yang ringan pun tidak bisa diabaikan karena jika diabaikan bisa meningkat menjadi maag kronis dan juga maag akut karena perluasan luka di dalam lambung sehingga penyakit maag semakin parah. ada faktor penyebab penyakit maag atau awal mulanya luka di lambung, atau pun menyebabkan penyakit maag sering kambuh.

Berikut di bawah ini beberapa faktor penyebab penyakit maag :
1. Telat makan, faktor penyebab penyakit maag bisa dari pola makan yang tidak teratur, atau sering telat makan.
2. Makanan pemicu asam lambung, faktor penyebab penyakit maag bisa dari produksi asam lambung yang selalu banyak atau pun karena meningkatnya asam lambung. 
3. Kafein, jika tidak ingin memiliki luka pada lambung sebaiknya tidak terlalu banyak makan coklat atau pun kopi, sebab coklat dan kopi memiliki kandungan kafein di dalamnya yang bisa menyebabkan penyakit maag atau naiknya asam lambung.
4. Infeksi bakteri, faktor penyebab penyakit maag bisa dari luar tubuh, sebab dari bakteri yang masuk ke lambung.
5. Alkohol, sama halnya dengan kafein, alkohol pun bisa menjadi faktor penyebab penyakit maag, karena kandungan di alkohol pun tidak baik untuk kesehatan lambung dan bagian tubuh lainnya.
6. Stress, faktor penyebab penyakit maag bisa juga dikarenakan stress sebab stress akan membahayakan kesehatan fisik juga. stress bisa menyebabkan naiknya asam lambung yang nantinya akan mengikis dinding lambung juga.

Beberapa cara untuk mengatasi penyakit maag antara lain :
  • Makan teratur dan tidak berlebihan
  • Kurangi merokok
  • Biasakan duduk dengan tegak sehabis makan
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat
  • Istirahat yang cukup


Itulah beberapa factor penyebab penyakit maag dan cara mengatasinya. Terima kasi semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. Berarti kopi juga menyebabkan maag semakin parah,musti sdikit dikurangi ini jadi nya.. terimakasih untuk informasi ny mas..

    ReplyDelete
  2. wahh bermanfaat gan, ane jadi tau cara pecegahannya :)

    ReplyDelete
  3. Wahh bermanfaat nihh seperti nya karena ane terlalu banyak merokok nihh, nice artikel sob 😊

    ReplyDelete
  4. Mantep Gan, Sangat bermanfaat dan berguna, Thanks sudah berbagi info dan ilmunya.

    ReplyDelete
  5. mantap soul gan, thanks infonya...

    ReplyDelete
  6. kebetulan, ane juga punya maag. makasi infonya gan

    ReplyDelete